Jumat, 29 Juni 2012

RUMPUT LAUT INDONESIA, TANTANGAN DAN PELUANG

Pengalaman saya selama tiga tahun sebagai seorang peneliti rumput laut, saya rasa tidak cukup untuk menulis artikel ini. Namun saya coba beranikan, dengan harapan mendapatkan respon dan memberikan masukan dalam pengembangan Industri rumput laut Indonesia.

Indonesia adalah negara penghasil rumput laut terbesar di Dunia, Negara Asia dan Asia Tenggara adalah negara dengan produksi rumput laut terbesar di Dunia atau mencapai 99,8% total produksi rumput laut budidaya dunia. Pada Grafik diperlihatkan produksi budidaya rumput laut Indonesia dibandingkan dengan negara lainnya

Kontribution Asia and East Asia Contry on Culture Seaweed
Bagaimana kesiapan Indonesia sebagai negara penghasil produksi rumput laut. Jika dibandingkan dengan Filipina. Filipina merupakan sumber bibit rumput laut Indonesia, mereka memiliki kebun bibit rumput laut, namun Indonesia, sampai sekarang kayaknya belum ada,, atau masih hitungan tangan. Padahal bibit ini sangat penting, kita tidak bisa mengandalkan petani menanam rumput laut dari F kesekiaan yang menjadi rentan penyakit.



Bahkan kita sangat kalah dengan portugal yang sudah mendata produksi rumput lautnya dengan baik, kita bisa melihat ke linklhttp://macoi.ci.uc.pt/. Disana mereka benar-benar melakukan penelitian dan pendataan rumput laut yang sangat baik, data sangat lengkap dan terin formasi dengan baik. Lebih hebat lagi Malayseia, mereka malah memiliki data rumput laut yang baik, tapi yang diceritakan rumput laut Indonesia, coba aja di googling, hebat pokonya.

Sudah kelihatan sekali data dan in formasi yang tidak ter-integral memberikan informasi dan nantinya akan menjadi penyebab terhalang-nya perkembangan rumput laut Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar